Senin, 27 Februari 2012

Harimau Bali Kekayaan Hayati

Assalamu'alaikum sobat baik..
Jumpa lagi sobat, kini dengan pembahasan yang berbeda, yaitu Harimau Bali. Pernah denger ? Pasti pernah, walaupun sedikit. Sama nggak sih seperti harimau-harimau lain pada umumnya ? Oke langsung aja, cekebrot..
Harimau Bali
Harimau Bali adalah kekayaan hayati yang tak ternilai harganya. Sayangnya, mereka kalah dengan pemburu ganas, yang dapat beranak pinak, tak lain dan tak bukan adalah manusia. Harimau Bali adalah harimau terkecil di dunia, harimau terbesar adalah harimau Siberia.
Harimau Bali sepintas memang sama dengan harimau Sumatra atau Jawa. Tapi inilah yang membedakan dia dengan harimau lainnya. Ia memiliki bulu yang pendek, dengan warna oranye gelap. Lorengnya lebih sedikit dari harimau Jawa dan Sumatra, namun diantara loreng-lorengnya terkadang ada tutul tutul kecil hitam. Kekhasan ini menyebabkan terkadang harimau Bali digambarkan memiliki loreng-loreng yang lebih rapat.

Seperti saudaranya, harimau Jawa, kepunahan harimau Bali sebagian disebabkan oleh perburuan yang massif semasa zaman kolonial. Konon cara yang paling poluler untuk memburu harimau Bali adalah dengan menggunakan perangkap kaki begerigi dari besi dengan umpan seekor kambing atau menjangan. Jika telah terperangkap, ia kemudian dieksekusi dengan tembakan senjata api ke arah kepala dari jarak dekat. Hal ini kemudian diperparah dengan wisata perburuan gaya Inggris,  Shikari, yang dilakukan oleh orang-orang Belanda yang datang ke Bali dari Jawa; dimana sejumlah pemburu mahir berburu harimau sebagai olahraga dengan panduan seorang “mir shirkar”, atau master pemburu yang seringkali direkrut dari suku atau orang pedalaman lokal yang mengenal daerahnya dengan baik.

Sobat, harimau Bali terakhir yang berhasil diambil gambar fotonya adalah seekor harimau yang ditembak mati  pada 1925 di Sumbar Kima, Bali Barat. Pada 27 September 1937, ia dinyatakan punah. Namun sampai sekarang tidak ada foto terbaru dari harimau Bali yang bisa jadi bukti otentik. Yang jelas, vegetasi Bali kini semakin lama semakin tipis. Terlepas dari itu semua, kita sebagai generasi muda. Memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga keseimbangan alam kita. Semoga, tidak ada lagi hewan-hewan lain yang akan menjadi buruan manusia hanya untuk memenuhi kepuasan semata.

Menurut wikipedia, harimau Bali kini sudah punah. Harimau lain yang juga sudah punah adalah harimau Jawa. Sedangkan species harimau yang terancam punah adalah harimau Sumatra. Namun dari sumber lain mengatakan, bahwa ada masyarakat Bali yang pernah melihat harimau Bali. Yaitu pada awal Agustus 2010, Bali dikejutkan oleh berita tentang serangan seekor harimau terhadap anjing dan ternak kambing milik warga di dekat hutan Siong, Slemadeg Tabanan- Bali Tenggara (Bali Post, Radar Bali, SCTV:Agustus 2010).

Sedikit gambar harimau Bali untuk menambah pengetahuan sobat..





Baiklah sobat, kita tidak tau masih ada atau tidakkah harimau Bali di rimba sana. Dan of course, harapan yang selamanya mungkin menjadi harapan atau mungkin benar-benar terwujud. Yaitu, semoga saja harimau Bali masih ada di rimba sana, sebagai penyeimbang alam dan menjadi daya tarik tersendiri.

Sobat yang baik, sekian artikel singkat ini. Semoga bermanfaat. Akhir kata,
Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh :)

0 komentar:

Poskan Komentar